The Father of Algebra

0
203

Penemu Angka Nol : Al – Khawarizmi (Bapak Aljabar)

Angka Nol (0) atau yang dalam bahasa Arab Sifr pertama kali di temukan oleh ilmuan muslim asal Uzbekistan pada tahun 194H/780M yang bernama Al – Khawarizmi. Angka Nol sendiri baru di kenal dan di pergunakan oleh orang – orang barat sekitar 250 tahun setelah di temukan oleh Al – Khawarizmi. Sebelumnya para ilmuan menggunakan Abacus, semacam daftar yang menunjukka satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya untuk menjaga agar angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah di tentukan dalam hitungan.

Nah… jadi sekarang sudah tahu kan siapa penemu angka nol, yap betul… Al – Khawarizmi
kalau begitu, come on kita cari tahu siapa Al – Khawarizmi tersebut, check this out…..

Al – Khawarizmi bernama lengkap Abu Ja’far Muhammad bin Musa Al – Khawarizmi.
Cendekiawan muslim ini lahir di Khawarizm (sekarang : Khiva), Uzbekistan namun ketika ia kecil orang tuanya membawanya pindah ke kota Bahgdad, Iraq. Di dunia ilmu pengetahuan ia di kenal sebagai Al – Khawarizmi, Al – Cowarizmi, Al – Ahawizmi, Al – Karismi, Al – Goritmi dan ejaan – ejaan lainnya.

Selain sebagai penemu angka nol, Al – Khawarizmi juga di kenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep Algoritma dalam Matematika, yang hingga saat ini konsep tersebut sering di gunakan dalam ilmu komputer atau Informatika untuk membuat diagram alur (flowchart)

Kecerdasannyalah yang membawa Al – Khawarizmi masuk ke subuah lembaga penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan bernama Dar Al-Hukama (Rumah Kebijaksanaan) yang di didirikan Ma’mun Ar-Rasyid, seorang khalifah Abbasiyah yang sangat terkenal. Al – Khawarizmi juga bekerja dalam sebuah observatory (tempat belajar Matematikan dan Astronomi) dan juga di percaya untuk memimpin perpustakaan Khalifah.

Tak hanya ahli di bidang Matematika, Al – Khawarizmi juga menekuni Astronomi, Astrologi dan Geografi. Di bawah khalifah Ma’mun sebuah tim astrono yang di pimpin Al – Khawarizmi pernah berhasil dalam menentukan ukuran dan bentuk lingkaran Bumi sedangkan di bidang Geografi, Al – Khawarizmi pernah memimpin tujuh pulu orang Geografer peta dunia pertama pada tahun 830M.

Teori Al-Jabar dan Hisab pertama kali juga di perkenalkan oleh seorang Al – Khawarizmi di mana nama al-Jabar sendiri di ambil dari bukunya yang berjudul Al-Mukhtasar Fi Hisab Al-Jabr Wal Muqobalah (Ringkasan Perhitungan Aljabar Dan Perbandingan). Ia juga menyumbangkan teorema segitiga samakaki yang tepat, perhitungan tinggi serta luas segitiga dan luas jajaran genjang serta lingkarang. tak berhenti sampai di situ Al – Khawarizmi juga mengembangkan tabel Trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus, dan kotangen beserta konsep diferensiasi. Oleh karena itulah Al – Khawarizmi juga di sebut bapak Aljabar.

Lalu sekitar pada tahun 262H/846M di kota Bahgdad, cendekiawan muslim ini harus berpulang kepada sang penciptanya, namun hasil penelitian beserta ilmu yang di kembangkannya masih berguna bagi umat manusia hingga saat ini.

Tribute to Al – Khawarizmi – Bapak Aljabar

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here